SPESIFIKASI ACCESS POINT ( MY-DLINK)

 MEREK MY-DLINK



D-Link

Router D-Link merupakan merek dagang D-Link yang memproduksi berbagai perangkat nirkabel khususnya router dengan pasar individu hingga perusahaan.

D-Link link merupakan perangkat perangkat jaringan yang di dirikan sejak tahun 1986. D-Link berfokus dalam mengembangkan perangkat jaringan broadband, suara, digital, dan komunikasi data yang canggih.

D-Link dengan pita frekuensi 2.4 GHz memiliki kecepatan hingga 500Mbps sedangkan pada 5Ghz dapat mendukung 867Mbps, dengan kecepatan total hingga 1.367Mbps. Ini cukup untuk memastikan transmisi aliran Wi-Fi secara simultan untuk beberapa perangkat yang terhubung secara bersamaan.

Salah satu contoh produk D-Link

D-LINK DAP-1360 N (WIRELESS ACCESS POINT)(P)


D-Link DAP-1360 N300 Wireless Access Point [Range Extender] Wireless N Access Point yang terhubung ke modem broadband memungkinkan Anda berbagi koneksi Internet secara nirkabel. Perangkat ini adalah perangkat yang mendukung 802.11n yang memberikan kecepatan hingga 14x lebih cepat dan 6x lebih jauh dibandingkan 802.11g sambil mempertahankan kompatibilitas dengan perangkat 802.11g dan 802.11b. DAP-1360 menyediakan enkripsi WEP 64/128-bit dan keamanan WPA / WPA2 untuk melindungi data jaringan dan nirkabel Anda. Perangkat ini juga mendukung Wi-Fi Protected Setup (WPS) untuk mengatur jaringan nirkabel dengan cepat dan aman. Selain itu, access point dilengkapi dengan penyaringan alamat mac dan fungsi menonaktifkan SSID untuk membatasi akses orang luar ke jaringan rumah dan kantor Anda.

DAP-1360 dapat dikonfigurasi untuk beroperasi dalam tujuh mode berbeda sesuai kebutuhan. Mode Access Point memungkinkan perangkat bertindak sebagai pusat hub bagi pengguna nirkabel. Modus Klien Nirkabel tersedia untuk memungkinkan DAP-1360 terhubung ke jalur akses yang lain. Ada mode Bridge untuk menghubungkan dua jaringan kabel (LAN) bersama-sama dan mode Bridge with AP sehingga perangkat dapat bertindak sebagai hub nirkabel dan jembatan pada saat yang bersamaan. Mode Repeater memperluas jangkauan nirkabel untuk menutupi semua titik mati. Mode Router WISP Client memungkinkan pelanggan layanan Internet nirkabel untuk berbagi koneksi Internet dengan komputer beranda Ethernet kantor / kantor tanpa memerlukan router tambahan. Akhirnya, perangkat dapat bertindak sebagai Repeater WISP untuk membiarkan pelanggan WISP berbagi koneksi internet mereka dengan kabel. dan komputer nirkabel tanpa router tambahan. Dengan Wizard Pengaturan D-Link, Anda dapat mengatur jaringan nirkabel Anda dalam hitungan menit.


Keunggulan 


1. Menghubungkan ke Jaringan Wireless

2. Lindungi Jaringan Nirkabel & Data Anda.

3. Konfigurasikan AP Anda untuk Berbagai Aplikasi

4. Konfigurasi Access dengan Cepat & Mudah


Kekurangan

  • Kurang "mobile" dan bergantung pada adapter untuk kecepatan transfer data optimal
  • Harga agak mahal



SPEsifikasi

Operating Frequency2.4 to 2.4835ghz
Antarmuka / Interface
  • 802.11g/n wireless LAN
  • 1x 10/100BASE-TX Ethernet LAN port
Berat Produk185.7 grams(6.55 ounces)
Garansi12 Bulan dari Distributor Resmi di Indonesia
Daya Keluar147.5 x 113 x 31.5 mm (5.81 x 4.45 x 1.24 inches)
Encryption64/128-bit WEP data encryption; WPA-PSK, WPA2-PSK; WPA-EAP, WPA2-EAP; TKIP, AES; MAC address filtering; SSID broadcast disable function; WPS (Wi-fi Protected Setup)
Standards Protocol
  • 802.11n
  • 802.11g
  • 802.11b
Antena2 x 5dBi Antennas
Dimensi Produk147.5 x 113 x 31.5 mm(5.81 x 4.45 x 1.24 inches)

LANGKAH KONFIGURASI

Sebelum melakukan setting router D Link_DIR 612, persiapkan dulu komputer atau laptop dengan cara merubah IP adress menu "Open Network and Sharing Center", kemudian "change adafter setting" lalu pilih "ethernet" lalu "properties" lalu pilih "TCP/IPv4" kemudian isi IP adress dan subnet mask nya. Karena D Link_612 mempunyai IP standar bawaan pabrik 192.168.0.1 , maka isikan pada IP adress komputernya yang selevel.IP Adress : 192.168.0.10 (contoh)

Subnet Mask: 255.255.255.0


Untuk langkah selanjutnya buka Browser baik Mozila ataupun Chrome atau browser yang lain dengan cara mengetikkan IP standar Router D Link_DIR 612 yaitu 192.168.0.1 lalu tekan "enter". Maka akan muncul tampilan pertama router D Link_DIR 612 sebagai berikut.


Masukan key/PIN, biasanya da dibelakang router atau bisa juga membuat PIN sendiri. Setelah itu pilih tombel "Save and Connect" atau "anvanced network setting"


Pada tampilan login, isikan Usernya Admin dan untuk paswordnya biarkan tetap kosong.


Pada bagian ini, silahkan ganti nama SSID nya sesuai keinginan atau biarkan defaul apa adanya, karena ini nantinya sebagai nama wifi/hotspot yang akan muncul. Kemudian silahkan isikan atau pilih Security option "WPA-PSK/WPA2-PSK AES" selanjutnya isikan pasword untuk wifinya pada kolom "Pre-Shared Key sesuai keinginan. Jika sudah dianggap cukup silahkan klik Apply.


    Untuk menu "Advanced Wireless" biarkan default lalu pilih "Apply Canges". Lanjut ke menu "Wireless Repeater".


    Pada bagian ini centang kotak untuk "Repeater Enable" dan "Wireless ISP Enable". Lalu pilih tombol "Site Survey". Cari nama SSID yang akan kita tembak atau sebarluaskan (cari hostpot yang muncul)


    Sesudah ditemukan dan di pilih SSID nya tinggal klik "Next"


    Pilih "Next"

    Pada menu Wireless Security isikan pasword dari Wifi atau Hotspot yang kita tembak tadi. Kalau wifi/Hotspotnya memakai pasword, jika tidak biarkan saja lalu "Next"


    Untuk menu selanjutnya yaitu setting IP Adressnya, maksudnya apakah mau diganti IP Adress default bawaan Router D Link-DIR 612 atau anda bisa selevelkan IP nya dengan wifi yang tadi ditembak. Seandainya mau dirubah, maka setting IP komputer juga harus dirubah, atau dihilangkan saja untk komputernya tidak memakai IP Adress.

    Jika langkah-langkah sudah selesai dilakukan klik Finish, maka Router sudah bisa digunakan sebagai penerima sekaligus memancarkan kembali wifi. Karena Router ini indoor, maka sebaiknya digunakan untuk memperluas jaringan diruangan.
    ,



    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    LAPORAN SHARING FILE ANTAR 1 JARINGAN YANG SAMA - TABITA TABANA

    FUNGSI FUNGSI TOOLS PADA CORELDRAW-Tabita Tabana XI TKJ 1

    ARTIKEL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL